Anak Anda susah BAB?Waspada Mega Colon!

>> Selasa, 16 Februari 2010


Ketika anak bekalsehat berusia sekitar 1,5 tahunan terdeteksi menderita penyakit Mega Colon.APa itu Mega Colon sobat bekalsehat?Menurut dokter Ivan Ishadi Sofyan,SKp mega colon adalah : penyakit yang disebabkan oleh obstruksi mekanis yang disebabkan oleh tidak adekuatnya motilitas pada usus sehingga tidak ada evakuasi usus spontan dan tidak mampunya spinkter rectum berelaksasi.
Hirschsprung atau Mega Colon adalah penyakit yang tidak adanya sel – sel ganglion dalam rectum atau bagian rektosigmoid Colon. Dan ketidak adaan ini menimbulkan keabnormalan atau tidak adanya peristaltik serta tidak adanya evakuasi usus spontan ( Betz, Cecily & Sowden : 2000 ). Penyakit Hirschsprung atau Mega Kolon adalah kelainan bawaan penyebab gangguan pasase usus tersering pada neonatus, dan kebanyakan terjadi pada bayi aterm dengan 3 Kg, berat lahir£lebih banyak laki – laki dari pada perempuan. ( Arief Mansjoeer,).Untuk lengkapnya bisa baca disini,

Aduh binun ya arti kedokterannya.Emm tapi menurut bekalsehat, bedasarkan pengalaman anak bekalsehat sendiri,mega colon hampir mirip dengan sembelit, tetapi lebih parah gitu.Anak bekalsehat dulu ketahuan menderita mega colon ketika berusia sekitar 1,5 tahun, atau ketika anak mulai mengkonsumsi makanan keras selain ASI.Menurut pengalaman,tanda-tanda anak yang terkena mega colon adalah :Anak tidak bisa BAB dalam waktu lama biasanya 3-9 hari,ketika anak ingin BAB mengalami kesulitan yang luar biasa sakitnya,warna kotoran menjadi agak gelap kecoklatan.
Untuk sharing pengalaman yang lain bisa dibaca disini
Sobat bekalsehat,bila anak anda mengalami tanda-tanda seperti diatas waspadalah,jangan jangan anak anda terkena mega colon.Lebih baik kita mengetahui lebih dini dari pada terlambat ya nggak?
Lalu apakah mega colon bisa disembuhkan?Jawabnya bisa asal diketahui sedini mungkin.Dari yang hanya terapi obat sampai dilakukan pembedahan usus besar.Alhamdulillah anak bekalsehat dapat sembuh dengan terapi obat.Sebelum menentukan terapi yang pas bagi anak biasanya akan di lakukan foto rontgen,untuk mengetahui seberapa besar kelainan pada colon.Nah dokter yang cukup ahli radiologi adalah Dokter Fajar Winarto,SpRad (RS PMI Bogor).
Menurut beberapa ahli mega colon sebetulnya (dalam kondisi ringan) dapat sembuh seiring perkembangan usia anak dan kesempurnaan perkembangan organ tubuh anak itu.
Terapi untuk meringankan penyakit mega colon antara lain
-Dengan Daun Banci.Daun banci mirip daun Bayam.Yaitu daun banci dibuat sayur
-Bisa juga mengurangi takaran susu menjadi sedikit lebih encer.Atau bisa juga susu diganti susu UHT
-Memperhatikan pola makan anak.Konsumsi seimbang, sayuran yang banyak mengandung serat
-Mengkonsumsi obat-herbal.Beberapa herbal yang bekalsehat gunakan adalah : Pelawas, Malac, Herba Tujuh Angin, Omega 3 (semuanya produk HPA Malaysia)

Jangan lewatkan yang ini...



6 komentar:

Caang 2 Maret 2010 pukul 01.29  

Menarik ini mas. Anak sy 2 minggu kemarin mengalami sembelit, alhamdulillah ga sampai kena mega colon (amit 3x) dan diobati dengan microlax. Betul tips dari mas, harus banyak mengkonsumsi sayuran. Postingan yang bermanfaat..

Anonim 12 November 2010 pukul 19.39  

Terrific work! This is the type of information that should be shared around the web. Shame on the search engines for not positioning this post higher!

Anonim 21 November 2010 pukul 20.25  

Thanks for some quality points there. I am kind of new to online , so I printed this off to put in my file, any better way to go about keeping track of it then printing?

Anonim 8 Desember 2010 pukul 04.12  

Wow this is a great resource.. I’m enjoying it.. good article

Anonim 19 Januari 2011 pukul 22.07  

Nice site, nice and easy on the eyes and great content too.

eva mulia klinik 11 Juni 2019 pukul 12.06  

terima kasih informasinya evamuliaclinic

  © Blogger templates Sunset by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP