Tips sehat untuk menyembuhkan Maag dan Gastritis

>> Selasa, 09 Februari 2010

Barangkali sekarang sobat bekalsehat ada yang sedang sakit maag.Sudah lama tapi tidak sembuh-sembuh.Berbagai macam obat telah dikonsumsi, tapi tetap saja tidak sembuh-sembuh.Menurut Dokter Didik Indiarso,SpPD kemungkinan sobat menderita Gastritis.Apa itu Grastitis?Simak saja uraian berikut...
Sebelumnya terimakasih ya untuk dokter Didik.


Mana yang benar maag atau gastritis. Jangan bingung, yang dimaksud maag adalah lambung, sedangkan Gastritis adalah peradangan  pada bagian lambung, jadi kurang lebih artinya sama saja. Gastritis terjadi akibat asam lambung berlebihan sehingga justru melukai dinding lambung.
Mengapa tidak sembuh-sembuh dan berapa lama pengobatannya?  Hal ini tergantung apa penyebabnya dan apakah sudah ada komplikasi berupa tukak (borok) pada lambung . Penyebab antara lain akibat pola makan tidak teratur, adanya infeksi bakteri  Helicobacter pylori, stres dan banyak pikiran serta iritasi dari makanan. Jika penyebabnya sudah diatasi dengan tepat biasanya gastritis tanpa komplikasi bisa sembuh dengan pengobatan selama 4 minggu tetapi jika terdapat tukak lambung pengobatan bisa sampai 8 minggu. Jadi pastikan dokter yang merawat anda tetap memantau pengobatan ini, jangan pindah-pindah karena pengobatan menjadi kurang optimal. Jika ternyata setelah menjalani pengobatan keluhan masih muncul, maka dokter akan menyarankan untuk pemeriksaan endoskopi, yaitu meneropong lambung lewat mulut untuk melihat kondisi dinding lambung serta mencari penyebab lain.
Bila sudah kena maag selain pola makan, jenis makanan harus diperhatikan. Usahakan jangan membiarkan lambung kosong dalam waktu lama. Paling tidak , ada makanan masuk tiap 3 jam sekali. Kemudian karena lambung penderita gastritis sensitif sekali, makanan yang dikonsumsi tidak boleh terlalu merangsang, jangan terlalu panas atau dingin, juga makanan pedas dan terlalu asam harus dihindari. Apa pantangannya ? Selama ada keluhan  maka makanan yang harus dihindari : Kacang-kacangan (Tahu dan tempe goreng, kacang tanah, kacang merah, kacang tolo),sayur mentah, sayur berserat tinggi, sayur yang menimbulkan gas (daun singkong, kacang panjang, kol, lobak, sawi, asparagus ), buah tinggi serat atau yang menimbulkan gas ( jambu biji, nanas, kedondong, durian, nangka), juga buah yang mentah, asam, lemak hewan, santan kental, minuman bersoda, alkohol, dan kopi. Selain itu obat-obatan tertentu juga harus dihindari yaitu obat yang mengiritasi lambung seperti obat pegal linu (aspirin, ibuprofen, piroxicam) serta  obat golongan kortikosteroid (deksametason, prednison). Merokok juga harus dihindari karena memperlama penyembuhan.
Terakhir cobalah mengkonsumsi daging aloe vera (lidah buaya) tanpa perlu dimasak, buang kulitnya, ambil isinya.  Sebaiknya dipotong kotak-kotak seperti potongan es batu di dalam lemari es. Campurkan juice apa saja –asal  tidak masam- kedalam daging aloe vera. Langsung diminum dan dikunyah daging aloe vera tersebut. Minum rutin 3 kali seminggu dan rasakan bedanya

Jangan lewatkan yang ini...



0 komentar:

  © Blogger templates Sunset by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP