Tips Sehat Berpuasa Ramadhan

>> Selasa, 10 Agustus 2010

Alhamdulillah umat muslim seluruh dunia kini sedang bersukacita menyambut datangnya bulan Ramadhan.Bulan yang penuh berkah bulan yang di dalamnya ada malam yang lebih baik dari seribu bulan.Sobat Bekalsehat sudahkan siapkan menyambut bulan yang mulia ini?
Mumpung belum terlambat ada tips sederhana neeh untuk kita semua, mungkin tips ini kuno banget ya.Tidak bermaksud menggurui, hanya mengingatkan saja.. semoga bermanfaat

1.   Persiapan berpuasa

Ibarat akan bertanding pada suatu pertandingan, maka kita perlu berlatih dan bersiap-siap.Berlatih apaan? Ya berlatih puasa dong.Bagi yang sudah terbiasa berpuasa Senin-Kamis  misalnya akan lebih merasa nyaman dan terbiasa ketika harus berpuasa sebulan penuh pada Bulan Ramadhan kan? Kanjeng Nabi SAW bahkan ketika bulan Sya’ban (Bulan sebelum Ranadhan) berpuasa lebih banyak dari bulan-bulan sebelumnya.
Selain itu yang perlu kita siapkan adalah mempersiapkan mental dan emosi kita.Puasa hakikatnya adalah menahan (menahan lapar haus dan emosi kita) Tul nggak?

2.   Mengakhirkan makan sahur dan menyegerakan berbuka puasa.

Makan sahur adalah tips berikutnya yang sangat –sangat dianjurkan.Jangan karena alas an masih ngantuk atau malas kita tidak makan sahur.Masih ingat to sebuah Hadits :
"Bersabda Rasulullah SAW: "Sahurlah kamu, karena dalam sahur itu terdapat berkah yang besar". Nah Lho…ayo jangan malas makan sahur..!
Makan sahur yang baik adalah ketika waktu menjelang Imsak supaya kita tidak cepat merasa lapar dan haus di waktu siang.Coba bayangkan kalau jam 2 dini hari kita sudah sahur, pastilah kalo habis shubuh kita sudah lapar lagi he…he..
Kenapa sahur penting bagi kita yang menjalankan puasa?, Saat menjalankan puasa tubuh kita tidak mendapatkan asupan gizi kurang lebih selama 14 jam. Untuk itu supaya tubuh dapat menjalankan fungsi dengan baik, sel-sel tubuh membutuhkan gizi dan energi dalam jumlah cukup. Untuk menu sahur sebaiknya pilih makanan berserat dan berprotein tinggi, tapi hindari terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang manis-manis ya.
Banyak makan makanan manis disaat sahur akan membuat Anda cepat lapar di siang hari. Makanan manis membuat tubuh bereaksi melepaskan insulin secara cepat, insulin berfungsi memasukkan gula dari dalam darah ke dalam sel-sel tubuh dan digunakan sebagai sumber energi. Sedangkan makan makanan berserat membuat proses pencernaan lebih lambat dan membantu insulin dikeluarkan secara bertahap. Untuk membuat energi dari sahur tahan lama, bersahurlah lebih akhir saat mendekati imsak.
Sebaliknya ketika beduk tiba, jangan tunda-tunda untuk segera berbuka.Jangan mentang-mentang masih kuat, kita baru berbuka jam 8 malem…(he…pasti gak ada yang mau).
Makan dan minum yang manis-manis sangat dianjurkan (Misal : Kolak, teh manis, kurma dll).Tapi sebaiknya jangan dicampur es ya, karena dapat mengganggu pencernaan kita.Juga hindari minum minuman yang bersoda, karena bagi perut yang sensitif malah bisa berakibat tidak bagus (Soda banyak merngandung asam yang dapat memperparah penyakit maag).
Jangan lupa ya, makan secara bertahap.Artinya jangan santap semua yang ada di meja makan, tapi yang ringan-ringan dulu, lalu ke Masjid dulu.Baru setelah itu boleh makan yang berat-berat.

3.    Jangan Berlebih-lebihan ngemil ketika malam hari


Selesai sholat tarawih sampai menjelang kita tidur biasanya kita masih ngemil ini-itu.Boleh-boleh saja sih, tapi jangan berlebihan ya.Kalo berlebihan kita biasanya malas bangun untuk makan sahur karena perut kita masih terasa penuh 

4.    Tetaplah Olahraga


Saat paling tepat untuk berolahraga adalah sore hari menjelang berbuka puasa.Kira-kira jam 5 sore.Kita bisa melakukan aktifitas seperti lari-lari kecil, jalan dll.Dengan tetap berolahraga di bulan Ramadhan kesegaran fisik kita akan tetap terjaga

Oke Sobat sekian dulu ya.Selamat menjalankan Puasa Ramadhan 1431 H, Mohon maaf atas segala kesalahan , semoga amal ibadah kita diterima Alloh SWT.Amin ya Robbal ‘alamin

 

Destinations


Jangan lewatkan yang ini...



1 komentar:

Anonim 12 Agustus 2010 pukul 06.42  

Good dispatch and this post helped me alot in my college assignement. Say thank you you as your information.

  © Blogger templates Sunset by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP