Memilih Kegiatan yang bermanfaat saat liburan

>> Senin, 10 Mei 2010


Setelah berkutat dengan aktifitas sekolah, sebentar lagi liburan datang.Sudahkah kita merencanakan kegiatan waktu liburan nanti?Ada yang mengajak berwisata, pergi ke rumah nenek / saudara dll.
Selain itu ada banyak kegiatan yang bisa kita berikan bagi putra-putri kita.Tidak harus mahal tapi tetap bermanfaat,apa saja itu?Berikut diantaranya :

1. Mewarnai  Kegiatan ini sangat cocok untuk anak Pra Sekolah dasar.Mewarnai dapat melatih anak untuk belajar kosentrasi dan melatih kreatifitas.Mintalah anak untuk mewarnai bentuk lingkaran misalnya dengan garis yang telah kita tentukan, kemudian kita minta agar anak mewarnai lingkaran tersebut tanpa keluar garis.Jangan buang  dulu hasil karya anak kita, tapi kita tempel pada tempat yang mudah terlihat.

2.    Melipat / Origami

Mulai TK, anak biasanya sudah diajarkan ketrampilan melipat yang sederhana.Melipat atau di Jepang disebut origami ini sangat mengasyikkan bagi anak-anak.Ajaklah anak ke toko buku, dan carilah buku-buku tentang origami.Hampir semua hal dapat diwujudkan dalam bentuk origami,Asyiknya lagi origami yang sudah jadi dapat dimodifikasi menjadi apapun sesuai imajinasi dari anak.
Tips Hemat origami:

  •  Pada dasarnya semua jenis kertas dapat dijadikan origami, jadi jangan buang dulu kertas yang kita punya.
  •  Belilah  beberapa kertas warna yang berbeda warnanya dalam bentuk lembaran-lembaran yang berukuran kira-kira A0, kemudian kita potong-potong sesuai selera.Ini lebih hemat daripada kita beli kertas origami yang sudah jadi.
  •  Hasil karya yang sudah jadi sebaiknya kita koleksi
3.    Bermain Lego

Ini juga salah satu permainan yang sangat mengasyikkan bagi anak.Kalau tidak salah, permainan lego juga berasal dari Jepang.Lego adalah menyusun keeping-keping lego menjadi bentuk bangunan atau apa saja sesuai keinginan dan imajinasi anak.Harga lego cukup murah, mulai 10 ribuan perbungkus.

4.    Bertanam
Sediakan beberapa jenis biji tanaman, misalnya biji kacang hijau, biji bunga rosella, biji kacang dll.Sediakan juga pot-pot yang berisi media tanam:tanah atau humus.
Ajaklah anak untuk berlatih dan mengamati pertumbuhan biji-biji yang kita tanam.Mulai dari menyemai bibit, menyiram hingga biji tumbuk menjadi tumbuhan baru.Hal-hal ini bagi anak sangat menarik dan mengagumkam bagi anak.Beberapa hari ketikan biji-biji yang kita tanam tumbuh menjadi tunas, pasti anak-anak akan berteriak kegirangan: “Tanamanku sudah tumbuh…!!”
Tentunya masih banyak lagi kegiatan yang positif, tinggal bagaimana kita berkreasi.Oke...selamat mengisi liburan bagai anak-anak 

 

Destinations


Jangan lewatkan yang ini...



0 komentar:

  © Blogger templates Sunset by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP