Obati Luka dengan Binahong

>> Senin, 26 April 2010


Menyembuhkan memar karena terpukul, kena api (panas), rheumatik, pegal linu, nyeri urat, menghaluskan kulit .

Apa yang tidak bisa tumbuh di Indonesia?Hampir semua tanaman dapat tumbuh di negeri kita, sampai-sampai Koes Plus pun mendendangkan lagu “Tongkat dan Kayu jadi tanaman”.Ini menggambarkan betapa suburnya bumi Indonesia.(Termasuk korupsi  juga tumbuh subur di Indonesia kali ya..he..he..).
Sobat Bekalsehat semua ada satu tanaman koleksi bekalsehat yang kaya manfaat.Apa itu?Yup..betul Binahong

Binahong atau Benahong atau Gendola atau bahasa latinnya Basella rubra Linn konon berasal dari negeri Cina, yang biasa disebut Dheng San Chi adalah jenis tanaman yang menjalar.Bentuk daunnya sekilas mirip daun sirih tapi dengan tekstur lembut.Bila daun Binahong diremas-remas akan mengeluarkan lendir.Nah lendir yang banyak dimanfaatkan untuk pengobatan.Binahong mempunyai rasa yang agak langu dan bagi anda yang belum terbiasa mengunyah daun binahong mungkin akan sedikit risi karena lendir yang dikeluarkan binahong tersebut.

Bekalsehat biasa memanfaatkan untuk obat luar seperti mengobati gigitan nyamuk atau serangga, menyembuhkan memar karena terpukul, kena api (panas),
Binahong juga digunakan untuk menyembuhkan  rheumatik, pegal linu, nyeri urat, dan menghaluskan kulit : Daun dan batang ditumbuk halus kemudian dioleskan pada bagian yang sakit.Atau bisa juga daun binahong dikunyah-kunyah dahulu kemudian di oleskan pada bagian tubuh yang sakit.
Info dari teman-temann Binahong juga bisa dimanfaatkan  :
•    Untuk menyembuhkan luka bekas operasi, maag, typus, disentri, kesegaran jasmani (tambah telur dan madu), mencegah stroke, asam urat dan sakit pinggang : Ambil rhizoma (umbi) secukupnya, dicuci bersih, kemudian direbus, setelah dingin disaring dan diminum 2-3 kali sehari. Namun dapat pula umbinya dikeringkan, lalu ditumbuk halus, kemudian dimasukkan dalam kapsul 0,5 mh dan diminum 3 kali sehari.
•    Untuk penyembuhan pembengkakan jantung, pembengkakan lever, kencing manis, kerusakan ginjal dan radang usus besar : Umbi dicampur bahan lain dengan cara direbus bersama daun sirih, temulawak dengan perbandingan ganjil: 7, 9, 13.
•    Agar bekas operasi caesar cepat kering, ambil akar binahong yang batangnya merah sebanyak 15 gram. Setelah dicuci bersih, rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa setengahnya. Saring dan minum selagi hangat. Anda bisa menambahkan sedikit sereh atau gula batu bila suka.
•    Untuk disfungsi jantung : ambil 3 lembar daun di penyet-penyet hingga keluar lendirnya kemudian disedu dengan air panas 1 gelas, diamkan lebih kurang 1 jam baru diminum , bila perlu bisa ditambah gula untuk mengurangi baunya yang langu. Sehari minum 3 gelas , pagi, siang , malam menjelang tidur.
Diolah dari berbagai sumber

 

Destinations


Jangan lewatkan yang ini...



1 komentar:

eliana 8 Mei 2010 pukul 21.53  

nice posting..
let's keep our life be more healthy..

  © Blogger templates Sunset by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP